Pasang Iklan Atas 1

Down Menu

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Friday, September 23, 2011

Lomba Desain “Wayang & Kita”


Oleh: - Thursday, 15 September 2011Apa Pendapat Anda?
 

KATEGORI LOMBA
  1. Lomba Desain Kaos
  2. Lomba Desain Poster Kampanye
  3. Lomba Komik Strip
RUANG LINGKUP & PESERTA LOMBA
Peserta lomba desain ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia di dalam dan luar negeri yang berusia minimal 18 tahun.

A. Lomba Desain Kaos
Kaos (T-shirt) saat ini telah banyak dipakai sebagai medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat, diolah dan disampaikan dengan kreatif dan impresif, karena dipakai langsung oleh target-nya dengan kesadaran dan kebanggaan.
Desain kaos ini dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar wujud yang dikirimkan berupa file digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta lomba dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya di kaos (sekitar A3) dan jika memahami teknik sablon dapat diperjelas nantinya dengan pemisahan warna diserta keterangan mengenai jenis bahan, jenis tinta, finishing dan aplikasi lain yang diinginkan.

B. Lomba Desain Poster Kampanye
Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat tetapi padat, serta mampu “berbicara” dan impresif karena ukurannya yang relatif besar. Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta lomba dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya dari poster tersebut; yaitu setara dengan 60 x 90 cm.

C. Lomba Komik Strip
Komik strip saat ini kerap dipakai juga sebagai medium yang efektif untuk menyampaikan pesan berupa cerita singkat yang dikemas dengan gaya humoris, simbolik atau mengangat keseharian sehingga lebih akrab dengan target-nya. Karya komik strip dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta lomba dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya dari komik strip tersebut yaitu setara ukuran A4.

TARGET AUDIENCE
sasaran utama komunikasi (yang melihat poster, komik dan memakai kaos) adalah:
masyarakat perkotaan yang berusia 18-40 tahun (Mahasiswa, karyawan, professional, dan wiraswasta) yang relatif awam mengenai wayang.

TUJUAN LOMBA
Terciptanya citra bahwa wayang tidak selalu harus identik dengan tradisi etnis tertentu, tetapi milik kita semua yang harus kita kenali dan jaga keberlanjutannya.
Tumbuhnya apresiasi kaum muda terhadap wayang dalam bingkai kekinian.
Timbulnya minat untuk kembali mengenal dan mengolah wayang sebagai lokal konten yang inspiratif.

ANJURAN
Peserta lomba dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema lomba, membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi (terutama cara pemilihan visual dan kata-kata yang cocok untuk masyarakat muda terpelajar perkotaan), serta mengkaji manfaat desain dan fungsi dari setiap media.

KETERANGAN TEKNIS LOMBA.

A. Kaos
  • Karya asli: dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran file setara dengan 42 x 29,7 cm, 300 pixels/inch, posisi bisa vertikal / horizontal atau menyesuaikan dengan desain pada kaos yang diinginkan.
  • Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB.
B. Poster Kampanye
  • Karya asli: dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran 3543 x 5315 pixels (setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal,
  • Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB.
C. Komik Strip
  • Karya asli: dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran setara dengan 21 x 29,7 cm, 300 pixels/inch), posisi vertikal,
  • Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB.
KETENTUAN UMUM KARYA
  1. Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan),
  2. Apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya,
  3. Untuk semua kategori karya bisa berupa hasil kerja individual atau kelompok maksimal 2 orang
  4. Karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital, sehingga berwujud digital,
  5. Hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik masing-masing peserta. Panitia, penyelenggara dan pihak sponsor berhak mempublikasikan karya tersebut dengan memberi informasi/kredit pemilik hak ciptanya.
  6. Setiap karya dikenakan uang pendaftaran sebesar Rp. 20.000,-
a. Ketentuan isi paket/amplop pengiriman karya:
  • 1 buah CD (compact disc) berisi karya asli dan thumbnail karya
  • 1 buah komputer printout karya A4 ditempel ke atau pada kertas A4 tebal
  • 1 formulir registrasi lomba (cetakan/printout/ foto kopi) yang sudah diisi lengkap (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya)
  • 1 buah copy KTP
  • Copy Bukti Transfer uang pendaftaran
  • Tulis pada sudut kiri atas amplop dan amplop:
  • Lomba Desain Kaos “Wayang&Kita”
  • Lomba Poster Kampanye “Wayang&Kita”
  • Lomba Komik Strip “Wayang&Kita”
  • Jika mengikut sertakan lebih dari 1 kategori harap tiap kategori dimasukkan ke amplop yang terpisah, namun dalam pengiriman boleh disatukan dalam 1 amplop.
  • Karya tidak digulung/dilipat.
  • Tidak ada maksimal jumlah karya yang dapat dikirimkan
b. Waktu dan alamat pengiriman karya:
  • paket/amplop karya selambat-lambatnya diterima di alamat panitia tanggal: 30 September 2011, jam 17.00 wib (BUKAN CAP POS)
  • karya dikirim langsung/via pos ke alamat panitia (pada jam kerja)
PENJURIAN
Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan juri, satu nama peserta hanya punya kesempatan untuk mendapat satu penghargaan. Dewan Juri terdiri dari praktisi/desainer senior, pendidik/dosen DKV dan wakil dari penyelenggara dan sponsor (Gelar & Senawangi)
Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:
  • orisinalitas karya,
  • kesesuaian tema dan konsep desain,
  • lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan,
  • inovasi serta sisi artistik penyajian visual.
PENGHARGAAN
Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat, trophy dan hadiah apresiasi, yang akan diinformasikan kemudian di web.
Akan dipilih 3 terbaik pilihan juri dan 1 pemenang favorit dari pengunjung pameran atau lewat situs (visa sms) dari setiap kategori.
Total hadiah senilai Rp. 100 juta rupiah ditambah royalty jika produk dipasarkan.
Untuk peserta dari luar Jakarta besar penggantian akomodasi berdasarkan kota asal akan diinformasikan kemudian.

PAMERAN & PENGUMUMAN PEMENANG
Karya pemenang, finalis dan beberapa karya peserta yang layak, akan dipamerkan di AlunAlun Indonesia – Grand Indonesia West Mall lantai 3, Jakarta pada tanggal 15 – 22 Oktober 2011, dengan pembukaan pada 15 Oktober 2011.
Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara World of Wayang (WOW! 2011 (19-22 Oktober), pada penutupan acara yaitu tanggal 22 Oktober 2011 di Gedung Pewayangan Kautaman, TMII dan akan diberikan sertifikat tanda keikutsertaan pameran dan publikasi tingkat nasional.

Karya finalis juga akan ditayangkan mulai tanggal 15 Oktober 2011 di situs internet dengan alamat:
www.wayang.web.id
www.wayangdankita.wordpress.com
www.dgi-indonesia.com
facebook event & group “Wayang&Kita”
 
Karya yang masuk menjadi milik dan dokumentasi panitia tanpa menghilangkan hak penciptanya dan jika dipublikasikan lagi akan mencantumkan nama pembuatnya.

PENGIRIMAN KARYA
Alamat pengiriman karya (pada jam kantor: 09.00 – 16.00)
Panitia Lomba Desain “Wayang&Kita 2011”
d/a GELAR
Kebayoran Center B1 – 3rd Floor
Jl. Kebayoran Baru no 1
Jakarta 12240

KONTAK PANITIA: (harap tidak via sms)
Tiffany: 0818 3252 7223
Tina: 0856 916 999 55

INFORMASI INI DAN FORM REGISTRASI LOMBA BISA DIAKSES DARI:
www.wayang.web.id
www.wayangdankita.wordpress.com
www.dgi-indonesia.com
facebook event: Wayang dan Kita
twitter: @wayangdankita @cfs_event @olinefs

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar